Jumat, 21 Maret 2014

Cerita Olim Biologi




Kemana aja nggak update blog ? sibuk banget! ini aja disempat sempatin nulis disini, karena ada momen penting haha. biar bisa buat kenang-kenangan kalau dibaca lagi. jadi aku mau nyeritain gimana kemarin ikut lomba olimpiade biologi se jawa timur, diceritain soalnya banyak cerita lucunya sih. eman kalau lupa

                                                                                ***
Disuatu siang pulang sekolah, asik asik buka twitter eh kok di timeline ada pengumuman lomba biologi ? capture ah! kayaknya lumayan nih kalau dapet sertifikat (se jatim yakan) karena ini lomba tim, satu tim 2 orang. terus nge line reivandy, nyiapin berkas-berkas (reivandy aja sih, aku belum). eh kenapa mesti ngajak reivandy ? hm soalnya minggu lalu dia hampir masuk babak semifinal lomba lain, tapi sayangnya nggak masuk, cuma hampir. sampai-sampai kikas ngebantuin telpon ke panitia nya.

jadi H-3 lomba, kita nyiapin berkas berkas nya. seperti surat rekomendasi kepsek, surat keterangan sekolah, kartu pelajar, foto dll. uang pendaftaran juga sudah di transfer, beberapa jam sebelum penutupan pendaftaran. fiuh Alhamdulillah beres.

H-1 lomba, ada acara kelas jauh di daerah deket sidoarjo. mana pulang nya agak malem. jadi di mobil sambil ngantuk-ngantuk main tebak tebakan biologi sama anak-anak sekalian ngafalin materi buat besok. tapi lama lama kok aku jadi ngoceh sendiri, eh yang lainya pada tidur =))

                                                                                 ***
Pagi nya, lomba dimulai jam 7. dan aku bangun jam 5 tidur lagi sampai jam 6 terus siap siap, dan kelupaan sesuatu. ternyata formulir daftar ulang belum di isi dan di print, belum print foto 3x4, belum fotokopi kartu pelajar. bagus!



reivandy sudah nunggu luama, soalnya aku nyuruh dia dateng pagi-pagi dan nggak boleh telat. ternyata aku nya malah yang baru berangkat dari rumah jam 7. hiks

tuh kan bener aja sampai di tempat acara belum mulai, udah hafal aku kalau orang indonesia gitu ;))
terus kita daftar ulang di lantai atas, serah serahin berkas. nah disitu aku minta reivandy aja yang antri, soalnya kan salah satu persyaratanya semua berkas harus dimasukin ke map merah. dan karena belum persiapan, tadi aku asal ambil map kertas isi legalisir ijazah pas sd. warna aslinya merah tapi karena udah 6 tahun berlalu, ya tau sendiri lah warna nya luntur kayak apa. duh malu! mana kebetulan nemu sebiji fotokopi kartu pelajar di dompet. terus soal foto, yaudah deh nggak bawa. dan bilang ke panitia nya "besok ya mbak fotonya" haha pede banget sih sumpah kayak lolos aja besok dateng lagi =))
                                                                                ***
Beres urusan daftar ulang, kita disuruh duduk di aula besar. sudah banyak peserta lain yang dateng. kita ambil kursi, dan mulai buka buka buku biologi ngehafalin materi. 5 menit pertama konsen, 5 menit berikutnya mulai laper. sumpah pengen makan. soalnya sejak tadi malem aku belum makan (diet). tapi kalau perut dibiarin kosong, otak kan jadi nggak bisa mikir. so diputuskan buat cari makan. tapi yagitudeh, karena acara pembukaan mau mulai, sama panitia nya antara diijinin atau enggak. tapi bodo amat sumpah, aku butuh makan.

Untungnya di bawah gedung lagi ada bazzar, jadi aku pesen makan macem macem ;p makanya nyantai, "udah ndy, kita nggak usah ikut acara pembukaan. mending makan biar otak nya bisa jalan"

kelar makan, kita naik ke atas lagi. eh Alhamdulillah acara pembukaan belum mulai.

terus, acara pembukaan seperti biasa. terus masuk ke ruang ujian, ngerjain soal. ngerjain nya pakai drama! kan kertasnya LJK, so nge arsirnya mesti hati hati kan. nah, kita kekurangan waktu buat ngarsir. jadi pas setengah soal masih belum sempat di arsir, bel udah bunyi. panik lah. untungnya itu tadi bukan bel selesai, ternyata masih ada 10 menit lagi. fiuh

selesai, dikumpulin, keluar ruangan, udah pasrah nunggu pengumuman. sekitar jam 3, baru diumumin. itupun setelah acara games. main games nya seru tapi nggak bisa santai soalnya deg-degan terus. gimana nggak, dari 85 an tim dari seluruh jawa timur, untuk babak penyisihan cuma diambil 10 tim.

reivandy bilang, "duh sainganya banyak, tapi kita pasti bisa. wes aku nggak papa jadi tim ke 10 yang diumumin, asal bisa masuk"

waktunya pengumuman, urutan pertama dari SMAN 5 surabaya.
urutan kedua ternyata bukan kita, tapi SMAN 1 Lamongan.
udah mulai hopeless

urutan ketiga, disebutin "nama ketua tim Aisyah" satu ruangan diem, "dari SMAN 15 Surabaya" ha ? aku speechless dan bayangin ya satu ruangan hening, terus reivandy teriak teriak sendiri hahaha. soalnya kan kalau sekolah sekolah lain banyak ngirim wakil sama guru pendamping. nah sekolah kita cuma 1 wakil tanpa guru pendamping. jadi yasudah klo seneng, gak ada temen teriak bareng =))

setelah 10 tim di sebut, maju ke atas panggung gitu buat foto foto. kita pada pegang hp terus ngabar-ngabarin orang-orang lewat sms.

setelah itu ada briefing buat final besok

                                                                                      ***

nah karena besok finalnya, otomatis semaleman harus belajar lebih giat lagi. karena kebetulan wifi rumah lagi nggak bisa dipakai, terpaksa cari warnet ditemenin adek. download soal soal olimpiade, terus di print. karena buanyak jadi baru selesai dari warnet jam setengah 12 malem. pulang, masih ngerjain soal.
bangun pagi jam 5, rasanya seneng banget entah kenapa. meskipun ya cuma tidur beberapa jam tapi nggak ngantuk sama sekali ;)

sampai di tempat lomba belajar setengah jam dan langsung mulai. sekarang jumlah soalnya setengah dari jumlah soal kemarin tapi waktunya jadi dikit banget (yaiyalah).

setelah selesai ngerjain soal, keluar ruangan terus ada acara acara games sambil nunggu pengumuman. beberapa lama kemudian baru diumumin, udah pasti deg degan nya lebih dari kemarin ya soalnya ini 10 tim diambil cuma 3 tim.

tim urutan pertama, dari SMAN 5 Surabaya
tim urutan kedua, dari SMAN 15 Surabaya. artinya itu ? tim ku! sumpah seneng, Alhamdulillah
tim urutan ketiga dari SMAN 1 Malang.

sudah selesai ? oh belum. masih ada satu babak lagi. yaitu babak tanya jawab untuk nentuin juara 1,2,3

ada 3 dewan juri yang bakal ngasih pertanyaan. tapi pertanyaan nya ini banyak banget. ada 3. dan setiap nomer ada sub pertanyaan lagi, a,b,c,d.

aku grogi nya banget. Alhamdulillah dapet urutan maju nomer dua, setelah tadi dilakuin undian.

Eghar sama aliyya dari SMAN 5 dapet urutan maju pertama, dan mereka jawabnya bagus banget. terus giliran kita maju, pertanyaan nya dimulai dengan isu global tentang ekosistem, terus penyakit penyakit, penyebabnya dan penjelasanya, terus pemanfaatan teknologi dalam biologi seperti stem cell dan lain lain.

terus setelah tim ke tiga maju, ada jeda waktu untuk istirahat. dan baru diumumkan juara nya ;))

Alhamdulillah dapet juara 2 tingkat jatim ;) seneng sumpah ;) target sih, cuma nggak nyangka aja yang tadinya tim kita ngedaftar mepet waktu, berkas berkas belum disiapin bisa sampai sejauh ini ;)

Alhamdulillah

10 besar


juara 1 dari SMAN 5 Surabaya


haha aku sama reivandy

juara 3 dari SMAN 1 Malang
hm kenapa piala nya juara 1, 2 lebih kecil dari juara 3 ? entah. mungkin soalnya juara 1 piala dari gubernur, juara 2 dari walikota, juara 3 dari UM Surabaya.

0 komentar:

Posting Komentar