Minggu, 03 September 2017

Medical Training di Taiwan Part 2 (Jakarta + Malaysia)

Lanjutan dari PART 1

H-1 berangkat sebenernya aku belum packing yang bener-bener, padahal Salsa udah dari 3 minggu sebelumnya. Kebayang nggak sih, ya sebenernya kalau pergi jauh dan lama, waktu ideal packing ya segitu. Kalau semuanya sudah proper, perjalanan nya juga bakal nyaman kan.

8 Agustus 2017
Hari ini pesawatku berangkat sekitar jam 1 siang dari bandara Juanda ke Soekarno Hatta by Batik Air. Tapi pagi nya aku masih ada lomba Goldarhes yaitu Lomba Teknologi Tepat Guna (LTTG) yang diadain sama pemerintah kota Surabaya (Alhamdulillah juara 3). Lomba belum selesai, aku sudah harus balik ke rumah untuk siap-siap. Sekitar jam 11 an baru berangkat ke Juanda, dan video call an sama Salsa dia baru sampai Toll. Yang anter lumayan heboh sih hehe. Mama ku udah beliin 2 packet isinya full snacks dan cokelat buat kalau kita kelaperan. Sebelumnya mampir ke BNI, untuk masukin duit jajan hehe biar nggak boros kan kalu cash semua. Lagian, yang cash udah ditukerin ke masing-masing mata uang.

TIPS UANG
  • ·         Cek mau ke negara apa aja, dan berapa lama jadi kita bisa kasih estimasi berapa jumlah uang yang ditukerin. Aku kemarin Karena emang rencana nggak bakal belanja di Malaysia, jadi nukar ringgit nya nggak terlalu banyak, Cuma cukup untuk makan aja, beberapa keperluan dan beli beli oleh-oleh cokelat. Terus Karena yang terlama di Taiwan jadi aku spend banyak disitu, kemarin sempat denger kabar kalau mata uang Taiwan yang di money changer Indonesia itu yang seri lama dan nggak bisa dipakai di Taiwan jadi aku Cuma tukar sedikit banget untuk naik bus dan makan, sisa nya aku tukerin jadi US Dollar ntar sampai di kota Taichung baru ditukerin ke bank jadi TWD. Karena US Dollar kan rate nya stabil, dan dimana mana lebih gampang tuker dibanding mata uang dari Indonesia atau negara lain. Terus di Singapore juga lumayan nuker banyak Karena bakal belanja banyak disini.
  • ·         Selalu pakai recehan. Kalau nggak dipakai eman bangeet. Beda sama di Indonesia yang recehan kayak nggak bernilai, kalau diluar tuh recehan nilai nya banyak. Jadi jangan sampai sisa recehan, Karena pas balik ke Indonesia, rata-rata money changer nggak mau kita tukar uang recehan, hanya terima uang kertas.
  • ·         Selalu cek apa kartu atm kita bisa dipakai di negara tujuan. Kartu atm ku seharusnya bisa, tapi entah waktu belanja di Taichung nggak bisa di gesek. Alhamdulillah masih ada kartu dari bank lain.
  • ·         Aktifin mobile banking di handphone, ini berguna bangeeet. Jadi kalau kartu atm kita ngga bisa dipakai, seenggaknya kita masih bisa transfer-transfer pakai ini ke kartu atm lain.

Setelah semua sampai di bandara, ternyata salsa udah masuk duluan dan check in. aku masih foto-foto diluar. Akhirnya masuk buat check in, Karena aku sama salsa nggak barengan, jadi dapet seat nya nggak sebelahan deh. Lumayan deg-deg an juga Karena bakal pergi agak lama, tapi belum kerasa sedihnya sih.

yeaay siap berangkat dari bandara Juanda

heboh yang nganterin hehe

siap-siap boarding

Boarding nya tepat waktu, pesawat nya lumayan baru dan leg room nya luaas, dapet snack kayak muffin dll, tapi sayang inflight entertainment nya lagi rusak. Jadi Cuma baca-baca inflight magazine aja. Alhamdulillah landing nya smooth sampai Jakarta.
Karena kita di kedatangan domestik, sedangkan kita bakal ke Malaysia jadi harus pindah ke International departure terminal. Karena lumayan jauh, disana disediakan shuttle bus yang bisa kita tunggu di dekat information center. Setelah sampai di terminal yang dituju, kita niat nya mau cari Lounge untuk istirahat. Waktu itu masih jam 3 sore, sedangkan pesawat kita sekitar jam 9 malam. Setelah di cek, ternyata belum bisa check in. Padahal Lounge nya bisa diakses kalau kita udah check in. so Karena bakal nunggu lama banget, kita nyewa hotel aja. Ya mungkin terlihat pemborosan, tapi pertimbangan lagi ini kan perjalanan jauh tanpa orang tua jadi kalau sakit pasti bakal lebih repot. Karena di pesawat pun aku nggak pernah bisa tidur :”) hotel nya ada di dalam bandara, namanya Jakarta Airport Hotel. Lumayan bintang 3. Karena ini transit hotel di bandara jadi paket nya nggak hanya per malam, aku pilih yang paket 6 jam, rate nya sekitar Rp 600.000,00 an. Kamar sama kamar mandi nya bagus, kalau buka jendela keliatan Pesawat-pesawat. Staff nya ramah banget dan kasih kita wake up call saat mendekati waktu flight.
Waktu sampai di hotel, nggak sempat foto seluruh kamar

Lumayan bisa istirahat dulu

Pemandangan nya bagus, di jendela keliatan pesawat-pesawat hehe

Salsa selfie hehe, nggak sempet foto bed keseluruhan

Disempatin buat baca-baca materi dulu

Setelah jam 8 malam, kita siap-siap untuk check in. disini mulai kerasa sedih, homesick. Mungkin Karena faktor lagi malem ya, ntah kenapa gelap jadi bikin agak takut. Sempat video call an sama mama dan pengen pulang (lebay 😊). Terus kita menuju ruang tunggu, kita seharusnya boarding jam 9 malam, tapi ternyata delay sampai jam 10 baru bisa boarding. Aku sempat ketiduran juga. Terus sekitar jam 11 an baru take off. Pesawat nya lumayan udah lama, sekarang aku dapet seat sebelahan sama salsa. Di flight ini yang agak serem menurutku, Karena kan lampu cabin dimatikan, dan aku bener-bener nggak terbiasa lampu mati jadi agak parno. Apalagi pesawat nya sering banget tiba-tiba naik turun drastis gitu, yang bikin tekanan nya agak kurang nyaman di telinga. Saranku sih dipakai buat nelen, kunyah permen, atau makan sesuatu. Karena deg-deg an aku nggak bisa tidur, ngelihat jam terus. Padahal salsa udah tidur sejak pertama kali take off haha. Alhamdulillah sampai Malaysia dengan selamat, kita di KLIA 1. Karena udah mandi di Jakarta, jadi di Malaysia tinggal cuci muka, sikat gigi aja, nggak pakai shower room. oh iya sebenernya ada juga delegasi Indonesia yang lagi di Malaysia juga, Mas Agil. Kita sempet janjian ketemu di Burger king, tapi ternyata beda terminal. Kita di KLIA 1, dia di KLIA 2. Daripada ribet, mending ketemuan di bandara Taiwan aja.
Lalu kita cari wifi, tapi ternyata wifi bandara nya nggak proper. Jadi yaudahlah kita ke Burger king buat makan malam, dan numpang wifi sekalian istirahat. Karena belum sempat makan malam di Jakarta, akhirnya pesen lumayan banyak, ditambah beli Nutella cake untuk dessert. But sayang bangeet, perut kayaknya nggak mau diisi jadi sama sekali nggak laper. Ada nya ngantuk banget. Tidur deh sampai jam 4 pagi, bangun-bangun makan sedikit terus keliling cari oleh-oleh. Toko nya kebanyakan belum buka ya, tapi udah lumayan sih.
Sambil nunggu sholat subuh (download muslim pro biar tau jadwal sholat, kiblat dll. Ngebantu bangeet), kita explore. Tapi tiba-tiba salsa bilang kalau dari tenggorokan nya keluar darah lumayan banyak dan nggak berhenti-berhenti, telpon mama papa yang dokter, nggak diangkat. Akhirnya kita ke klinik. Disitu kita dikasih tau kalau ini klinik swasta jadi nggak gratis hehe. Untuk biaya periksa ke dokter dan obat sekitar 1Jutaan. Yaudahlah apapun deh, daripada kenapa-kenapa yakan. Akhirnya salsa diperiksa, dan kemungkinan besar Karena perbedaan tekanan yang terlalu ekstrem di pesawat. Seperti yang aku bilang tadi pesawat nya naik turun drastis gitu. Ditambah lagi salsa punya sinusitis. Akhirnya dikasih beberapa obat. Dan setelah kita ngobrol-ngobrol sama dokternya, ditanyain mau kemana dan dari mana. Setelah tau kita kuliah kedokteran, dan mau ikutan medical training di Taiwan, kita di gratisin aja gitu semua biaya nya. Alhamdulillah, Thank you doc! Kita ngucapin makasih berkali-kali saking happy nya hehehe.
Toko nya masih pada tutup

suasana di KLIA 1 pas jam 2 malem

ada beberapa toko yang buka, kebanyakan toko souvenirs dan snacks

Pilih-pilih menu di burger king, buka nya 24 jam

salsa lagi diperiksa dokter di klinik
Bawa coat tipis, tapi Alhamdulillah nya di last minute bawa ini siih, dan bener banget suhu di KLIA dingiiiin, jadi amat sangat berguna

Terus sholat subuh dan keliling-keliling, lanjut persiapan boarding. Tapi sebelum itu sempatin untuk video call sama mama papa minta doa biar lancar.
Pas mau boarding, baru tau kalau boarding pass ku ilang. Good banget ya haha. Sumpah keteledoran. Tapi akhirnya dibikinin boarding pass baru deh.
Pesawat nya bagus deh, ini pertama kali nya naik Malindo air. Jadi ini pesawat kerjasama antara Malaysia dan Indonesia. In flight entertainment nya lumayan bagus film nya sempet nonton 2 judul, dapet full meal, bagasi nya juga dapet 30kg udah include, leg room nya luas. Dan full music, jadi selama nunggu take off dan landing tuh nggak deg-deg an Karena ada music (diputerin lagu nya Tulus, yeaay). Penerbangan nya lumayan lama, dari Kuala Lumpur ke Taoyuan airport sekitar 5 jam. Agak parno, nggak bisa tidur. Tapi flight nya smooth.
inflight entertainment, masih belum on. hehe foto nya kurang proper ya

Suasana pagi itu sebelum kita take off

Alhamdulillah sekitar jam 12 siang sudah sampai di Taoyuan Airport, Taipei, Taiwan. Kita menuju bagian imigrasi, isi-isi formulir terus antri imigrasi. Pas sampai di depan petugasnya, ditanyain seputar tujuan kunjungan kita dan aku tunjukin dokumen-dokumen undangan dari Taiwan. Singkat aja kok. Terus baru deh turun ke lantai bawah buat ambil bagasi, setelah semua beres baru aku tukerin Uang beberapa untuk beli sim card, tapi rate nya kurang begitu bagus. Terus aku ke gerai Chung Hwa simcard, ambil paket kartu. 4G unlimited + pulsa telepon sekitar Rp 250.000,00. Minta sekalian di pasangin. Beres, udah bisa telpon ke Indonesia dan internetan 😊 Karena unlimited, jadi lumayan hemat. Bisa tethering buat ipad ku. Aslinya mau sewa wifi router di Indonesia, bisa dipakai di beberapa device juga kan. Tapi jatuh nya mahal banget sih kalau agak lama. Karena itunganya 100rb an per hari, itupun harus deposit uang sejutaan. Bisa habis berapa juta tuh untuk urusan wifi doang. Alhamdulillah bisa pakai cara lain itu.
Kelar urusan simcard, kita cari tempat sholat/prayer room. ke information center, ternyata mereka hanya punya prayer room di bagian departure sedangkan kita ada di arrival. Dan mereka berbaik hati minjemin kita Nursing room yang nyaman banget. Terus mulai cari makan siang, Karena laper banget. Kita nggak makan apa-apa, meal dari pesawat pun belum aku makan. Menu nya Nasi Lemak. Akhirnya nemu restoran, aku pilih chicken rice se paket sama sup. Salsa pilih French fries (yang ternyata bukan kentang, tapi ubi) sama chicken fillet. Terus minum nya, the famous bubble tea. Yeaay.
Makanan nya biasa aja, enakan di Indonesia hehe, jadi lebih banyak ngehabisin nasi lemak nya. Kalau cari makan di Taiwan, biasa nya restoran halal jarang, kalau pun ada, menu nya seperti timur tengah yang kare-kare an itu. Jadi biasanya aku pesen ayam atau seafood, meski bukan di rstoran halal. Kalau di Indonesia kan banyak banget makanan halal, jadi kalau ke resto ya harus yg bener-bener halal dong, jangan yang jual babi, meski kita pesen nya ayam. Tapi klo disini, kayaknya nggak bisa se idealis itu, yang penting kita selalu tanya menu yang kita pilih itu mengandung babi atau nggak.

Alhamdulillah sampai bandara Taoyuan, Taipei, Taiwan, langsung ke bagian sebelah kiri di depan itu untuk isi-isi formulir imigrasi. di foto ini nggak kelihatan antrian imigrasi nya yg panjang banget, tapi pelayanan nya cepeet:)

yeay kelar ambil bagasi, dari Surabaya koper nya udah di plastikin(?) sama petugas di Juanda kena charge 50rb tp nggak apa demi keamanan, kan serem kalau koper kita dimasukin apa" meski udah pakai double lock, tapi aku lihat di Taoyuan kok jarang yang diginiin, pas pulang aku minta petugas Taoyuan buat plastikin kyk gini tapi mereka sih bilang "ngapain, gak usah, udah aman kok, tapi terserah kamu" oh yaudah klo gitu sih gausah aja haha

salsa sama barang-barang nya, meskipun dia juga bawa tas jinjing 12kg tapi ada roda nya, yang bener sih gitu yaa

makan siang pertama di Taiwan, nasi sepaket sama ayam dan sup, kira-kira habis 100rb an deh sama minum nya

ubi yang dikira french fries, tapi dia dengan jelas minta kentang, mungkin emang common french fries itu ubi(?)
Nyobain chicket fillet, seperti yang banyak dijual di mall Indonesia, enaak, tapi bumbu di Indonesia lebih enaak hehe

Kelar makan baru kita nungguin flight nya mas Agil yang dateng jam 3 an, tapi sebelumnya aku ke gerai nya Ubus untuk tanya-tanya tiket. Karena kita akan pindah kota dari Taipei ke Taichung. Lihat-lihat jadwal, masih cukup nih. Terus kita nunggu mas Agil. Dia udah semester atas, kita masih newbie hehe. Dan dia se training sama salsa.
Dari situ kita langsung ke pintu belakang airport, disitu banyak loket bus, tapi kita pilih U-bus. Pilih jadwal dan bayar, harga nya sekitar Rp 125.000,00 one way ke Taichung, dengan waktu 3 jam an. Sebenernya bisa pakai high speed train yang hanya memakan waktu 2 jam an, tapi harga nya 2x lipat bus. Karena kita lagi nggak dikejar waktu, bisa tidur lebih lama di jalan, dan lebih murah, jadi pilih bus deh.
Bus nya dateng jam 4.15 sore, dan tepat waktu banget. Bus nya tingkat 2, untuk penumpang diatas, toilet dan koper di bawah. Nyamaan bangeet. Dan aku, salsa, mas Agil ketiduran. Bangun-bangun udah masuk kota Taichung.
Lagi di U-bus, perjalanan ke kota Taichung selama 3 jam seharusnya

Interior di dalam bus, itu ada sign toilet, tinggal turun lewat tangga untuk ke bawah

Masih di Toll di Taipei

yeaay sudah masuk kota Taichung, seharusnya 3 jam, tapi kayaknya ini agak cepet deh, jadi 30 menit lebih cepet

Jalanan di kota Taichung yang nggak beda jauh sama Indonesia, hanya aja tertib banget, dan fasilitas pejalanan kaki ada

Kita lihat maps untuk mastiin bus stop terdekat sama hotel, tapi Karena masih bingung akhirnya kita berhenti di bus stop yang salah, masih sekitar 2km dari hotel. Jadi nya harus menggeret koper-koper itu di jalanan hehe. Dan beberapa lama kemudian, sampai lah di Twinstar Hotel. Hotel nya bagus dan recommended, sebelahan persis sama Taroko Mall. Check in dan setelah itu sampai kamar, mandi, sholat dan siap-siap.
Itu hotel kita, Twinstar Hotel, lokasi nya strategis bangeet, seberang nya bus station, sebelahnya mall, dan ini jenis family hotel, banyak pengunjung sama keluarga nya disini. penting banget sih, karena berarti relatif aman, bukan jenis hotel yang nggak bener.

Lagi-lagi nggak sempat foto kamar, tapi standar sih, bagus. apalagi kita dapet kamar di depan lift persis jadi ngebantu bangeet

Kebetulan mas Agil booking hotel yang beda, jadi setelah ini kita nemenin mas Agil cari hotel nya baru dinner deh. Kita naik taksi, dan ternyata nggak seberapa jauh. Taksi nya habis sekitar Rp 50.000,00 an. Kelar check in dan taruh koper, kita cari resto deh, eh nemu yoshinoya. Pesen ternyata ada nya rasa original, nggak kayak di Indonesia. Dan disediain kimchi jugaa😊 Karena perut masih belum mau makan banyak, akhirnya dinner malem itu nggak abis deh. Biasanya suka yoshinoya bangeet. Pulang dari sana Karena udah jam 10 malem, akhirnya balik ke hotel naik taksi, setelah anter kita, baru mas agil balik lagi ke hotel nya.

Yoshinoya original se paket sama kimchi yeay:) tapi tetep enakan yoshinoya Indonesia bangeeet

Malam itu sih aku udah ngantuk berat jadi langsung tidur, dan nggak sempat berantakin koper Karena besok bakal pindah hotel lagi.
Pagi nya kita sarapan, dan aku harus mastiin ke waiters nya mana aja yang mengandung babi. Jadi aku Cuma makan tempura, sayur-sayur, roti dan sereal. Terus kita siap-siap check out, janjian sama mas Agil ketemu di chance hotel, hotel yang sudah disediakan sama panitia training. Tapi sebelum itu kita lihat ke mall nya, ternyata belum buka Cuma foto-foto aja. Dan pagi itu hujan, jadi pinjem payung yang udah disediakan sama hotel. Aku kelupaan Cuma pakai sandal hotel doang yang tipis, jadi nya hampir kepeleset di jalan licin kena air hujan. Baru deh siap-siap ke chance hotel.

Sarapan pagi di hotel. aku ngajakin staff nya keliling untuk tanyain makanan nya halal atau nggak, satu persatu biar yakin

Pagi nya sudah hujan di Taichung, tapi nggak dingin-dingin banget

Siap-siap check out hotel, ganti ke hotel yang sudah disediakan panitia

Ini Taroko Mall, yang persis di sebelah hotel

Hujan, di depan mall dan masih pinjem payung hotel hehe

Kita ke seven eleven dulu buat beli payung, tapi Karena nggak ada payung bening (yang bagus untuk foto”, haha) batal beli deh. Well, Kita rencana nya naik bus, bahkan udah liat jadwal bus dan ngasih tau mas Agil bus station terdekat. Tapi Karena males nge geret koper di tengah hujan, akhirnya naik taksi deh, diberaniin. Sambil nggak lupa untuk selalu ngeliat waze siapa tau sopir nya bawa kita keluar jalur.
Alhamdulillah sampai di chance hotel, terus Karena registrasi training nya masih jam 4 sore sedangkan ini masih jam 9 pagi, jadi koper kita di titipin ke resepsionis dan mau jalan-jalan dulu. Karena tadi mas Agil nggak dapet proper breakfast, jadi nya mau cari sarapan dulu lanjut beli minum di sevel. Terus ke bank of Taichung nukerin uang, lanjut belanja-belanja. Terus kita mau ke Taroko Mall, pas nunggu lampu di zebra cross lagi asik-asik nya ngobrol pakai Bahasa Indonesia, ada yang nyapa, “kalian ikut SRT Taiwan juga ?” ah ternyata itu mas Yoga dari Indonesia sama Tiffany yang delegasi dari hongkong, padahal tadi aku sempat chat mas yoga janjian jalan bareng ber empat, ternyata malah ketemu di jalan hehe. Kalau mereka pesawat nya dari hongkong, sampai di Taichung nya juga sama. Terus kita jalan bareng ke Mall, lumayan jauh, tapi Karena asik ngobrol jadi nggak berasa, dan btw ternyata sistem kuliah kedokteran di hongkong dan Indonesia nggak beda jauh.
Sampai di mall, yang lain cari tempat untuk istirahat, aku sama salsa ke h&m lumayan dapet sepatu. Terus janjian lunch, pilih nya comfort food, yaitu mcdonalds lah hahaha. Kelar makan siang dan ngobrol-ngobrol nggak kerasa hampir jam 4. Pada nawarin ke bubble tea store dulu tapi udah kenyang, jadi langsung ke hotel aja untuk registrasi.

Macem-macem minuman di sevel, yang lucu-lucu banget. salah satu pengeluaran terbesar haha beli ginian sehari bisa berkali kali, oh apalagi ice cream nya, ada satu kesukaan ku, cookies cream enak bangeeet

Sama mas Agil, foto di depan family mart sebelah hotel

Ini ada toko ice cream terkenal di Taichung, antri nya panjang bangeet. penasaran mau coba tapi males antri, akhirnya kita balik lagi pas malem, yah ternyata tutup. yaiya sih kita kesana sekitar jam 11 an haha, akhirnya ke mcdonalds lagi yang 24 jam

Jalan jalan siang di Taichung

Barengan sama mas Yoga dan Tiffany mau ke Taroko Mall, itu di seberang nya ada Taichung Railway station, kalau kita mau naik high speed train bisa kesana. ini seberangan sama Chance Hotel

Foto sama Tiffany, dia satu-satu nya delegasi dari Hongkong

Belanja di H&M Taichung, nggak beda jauh sama di Indonesia harga nya, mungkin beda max 100rb an, tapi lumayan

Menu wajib selama makan mcdonalds disini, ayam fillet pakai kentang dan coke, tapi emang enakan ayam mcd nya Indonesia siih

Di salah satu gang di jalan kota Taichung :)

Lanjut di part selanjutnya yaa!